Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku
Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Posted on

Saat ini, keberadaan pedagang kaki lima sudah menjamur di berbagai tempat. Menjadi pedagang kaki lima di Indonesia menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Pedagang kaki lima merupakan sektor bisnis informal yang menopang perekonomian rakyat, bahkan saat terjadinya krisis moneter 1998. Pedagang kaki lima menjajakan berbagai macam jenis dagangan, salah satunya adalah sektor usaha kuliner. Sektor usaha kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang banyak ditekuni oleh para pedagang kaki lima sehingga ada beberapa jenis usaha kuliner yang paling laku. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sektor usaha kuliner ini diminati untuk dijajakan oleh para pedagang kaki lima, antara lain sebagai berikut:

 

Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

 

  1. Kebutuhan manusia akan makanan tidak pernah surut. Hal ini karena makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, sehingga menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi pedagang kaki lima.
  2. Munculnya berbagai sentra pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam kuliner di berbagai kota di Indonesia menjadikan jenis usaha ini tidak pernah sepi pembeli. Bahkan beberapa pemerintah daerah di beberapa kota di Indonesia khusus menyediakan tempat bagi para pedagang kaki lima ini untuk berjualan. Bukan hanya tempat saja yang disediakan, pemerintah daerah juga menyediakan berbagai program untuk masyarakat yang melibatkan pedagang kaki lima dalam kegiatan tersebut, salah satunya adalah kegiatan car free day setiap akhir pekan. Di kegiatan car free day ini, pedagang kaki lima bisa menjajakan dagangan kulinernya.
  3. Modal yang dibutuhkan bagi para pedagang kaki lima untuk memulai usaha berjualan usaha kuliner ini tergolong membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak. Bermodalkan gerobak dagangan, bahan-bahan, tekad dan semangat, para pedagang kaki lima ini bertahan dalam jenis usaha kuliner yang paling laku .
  4. Bila Anda berminat untuk memulai bisnis usaha kuliner, sebaiknya Anda mencari tahu informasi terlebih dahulu mengenai jenis usaha kuliner yang paling laku. hal ini penting dilakukan agar usaha kuliner Anda nanti bisa segera populer di kalangan masyarakat dan ramai pembeli.

Berikut adalah referensi makanan dari usaha kuliner yang paling laku.

 

  1. Makaroni kering
Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku
Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Makaroni adalah makanan yang berasal dari Eropa, yaitu Italia. Di tempat kelahirannya, makaroni adalah salah satu jenis bahan makanan yang terbuat dari tepung da telur yang kemudian menjadi adonan dan dibentuk seperti bulan sabit yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Di Italian dan berbagai negara di Eropa lainnya, makaroni dibuat berbagai macam hidangan dan biasanya dicampur dengan keju, susu dan mentega. Salah satu makanan yang menggunakan makaroni adalah pasta. Namun, karena proses enyebaran makanan ini di Indonesia, makaroni berubah menjadi jenis cemilan yang dibuat dengan ciri khas rasa Indonesia. Salah satunya makanan yang terbuat dari makaroni adalah makaroni kering.

Makaroni kering menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang paling laku yang ada di Indonesia. Makaroni kering ini memiliki proses pembuatan yang sangat mudah namun memiliki rasa yang enak bahkan bikin ketagihan.

Awal mula munculnya makanan makaroni kering ini sebagai jenis usaha kuliner yang paling laku adalah berasal dari daerah Tasikmalaya Jawa Barat. Di daerah asalnya, makaroni kering ini dijual oleh para pedagang kaki lima dengan berbagai rasa. Berikut adalah proses pembuatan makaroni kering.

Sebelum membuatnya, ada beberapa bahan yang Anda butuhkan, antara lain :

  • Dalam hal ini menggunakan makaroni khusus yang tidak mengembang bila digoreng.
  • Bumbu kaldu instan
  • Bubuk cabai
  • Perasa makanan instan bubuk berbagai rasa (keju, balado, jagung manis).
  • Minyak goreng

Cara membuat :

  • Panaskan minyak goreng
  • Setelah minyak goreng panas, masukkan makaroni dan goreng hingga matang.
  • Campur makaroni yang sudah matang dan masih panas dengan bumbu kaldu instan dan bubuk cabai atau perasa makanan instan bubuk berbagai rasa. (sesuai selera)

Untuk menjualnya, Anda dapat memasak langsung ketika berdagang, atau di packing dengan menggunakan plastik. Namun saat ini, dengan semakin majunya teknologi, Anda dapat menggunakan packaging yang lebih menarik agar makaroni kering buatan Anda menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang paling laku.

Baca Juga:

 

  1. Makaroni basah
Makaroni basah
Makaroni basah

Makaroni basah menggunakan jenis makaroni yang sama dengan makaroni kering. Yang membedakan kedua jenis sajian makaroni ini adalah cara membuat dan bentuk setelah dibuat. Makaroni basah dibuat dengan cara direbus kemudian dicampur dengan berbagai bumbu yang sama dengan bumbu makaroni kering. Setelah dimasak, makaroni basah ini kemudian bertekstur lunak. Bila Anda pernah menyantap pasta, makaroni basah hampir mirip dengan pasta. Yang membedakan adalah rasa yang digunakan adalah rasa yang khas cemilan Indonesia.

Makaroni kering dan makaroni basah dapat menjadi salah satu referensi jenis usaha kuliner yang paling laku. Anda dapat menjualnya seperti pedagang kaki lima. Namun, Anda dapat membuatnya unik dengan packaging yang unik dan menarik perhatian pembeli.

Leave a Reply