Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah
Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah

Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah

Posted on

Jajanan anak sekolah selalu menjadi incaran anak-anak sekolah tentunya bahkan juga kalangan remaja dan orang dewasa. Faktor harga yang sangat murah dan rasanya yang enak serta unik membuat berbagai jenis makanan jajanan anak sekolah selalu dicari. Bahkan tidak jarang juga orang dewasa yang merindukan jajanan semasa sekolah karena memang rasanya yang tidak mudah ditemukan pada makanan lain. Selain itu, jajanan sekolah sangat cocok dinikmati sambil bermain dan tentunya disela-sela jam istirahat di sekolah.

Meskipun peminatnya cukup banyak, beberapa jenis makanan jajanan anak sekolah tradisional kini mulai sulit ditemukan di banyak sekolah. Misalnya rambut nenek, permen gulali, permen rokok, es gabus, es dungdung dan masih banyak lagi. Jenis jajanan tersebut memang masih tradisional, namun cita rasanya tidak diragukan lagi kelezatannya. Anak-anak generssi tahun 90-an hingga 2000-an tentunya sangat familiar dengan jajanan tersebut. Namun dimasa sekarang ini, jajanan tersebut cukup sulit ditemui untuk mengobati kerinduan anak-anak generasi dimasa tahun 90-an hingga 2000-an.

Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah

 

Langkanya jajanan anak sekolah yang masih tradisional ini disebabkan karena banyak penjual jajanan tradisional yang beralih menjual jenis jajanan lainnya yang lebih modern dan lebih menguntungkan seperti nugget goreng, sosis bakar, es krim, macaroni pedas dan sebagainya. Anak-anak sekolah jaman sekarang pun lebih suka dengan jenis jajanan tersebut. Itulah sebabnya mengapa jenis makanan jajanan anak sekolah yang bersifat tradisional mulai sulit ditemui bahkan punah.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan jajanan anak sekolah tradisional yang paling sulit ditemui.

 

  • Es potong
Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah
Jenis Makanan Jajanan Anak Sekolah

Es potong merupakan salah satu jajanan tradisional anak sekolah yang bentuknya hampir mirip dengan es mambo atau es lilin. Hanya saja es potong ini sebelumnya dibagi menjadi dua, kemudian plastik yang membungkus esnya dilepas dan diusuk menggunakan lidi atau stik dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai lidi agar menjadi seperti sate untuk tempat pegangan ketika menyantapnya. Menyantap es potong ini sangat nikmat terutama saat cuaca sedang panas untuk mendinginkan tenggorokan.

Tidak perlu khawatir jika Anda ingin membeli jenis makanan jajanan anak sekolah seperti es potong ini, karena es potong terbuat dari bahan-bahan yang aman dikonsumsi. Agar lebih yakin ketika mengkonsumsi es potong tersebut, Anda bisa membuat sendiri di Rumah, karena bahannya sangat sederhana dan cara membuatnya juga sangat mudah dan sederhana. Untuk membuat es potong atau es apapun yang terpenting harus menggunakan air matang agar lebih sehat dan tidak menyebabkan penyakit seperti batuk, tifus, diare dan sebagainya.

Selain itu, bahan yang diperlukan yaitu gula pasir, susu cair rasa strawberry; rasa cokelat; rasa vanilla; dan rasa melon, santan kelapa siap pakai dan sirup buah sesuai dengan rasa susu yang akan dipakai, serta pewarna makanan. Seluruh bahan dicampurkan ke dalam sebuah wadah dengan takaran yang diatur secukupnya. Jangan lupa dicoba terlebih dahulu untuk mengetahui apakah rasanya sudah pas atau belum. Setelah itu, bungkus cairan es potong menggunakan plastik es kemudian bekukan ke dalam freezer.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

  • Gulali
Gulali
Gulali

Selain es potong, jenis makanan jajanan anak sekolah yang eksis sejak dulu namun sekarang sulit ditemukan adalah gulali. Gulali merupakan salah satu jajanan yang berjenis permen dan kebanyakan berwarna cokelat atau merah, karena dibuat dengan bahan yang sangat alami atau tanpa menggunakan bahan kimia seperti pewarna dan pemanis buatan. Jajanan permen gulali ini sangat eksis dikalangan anak-anak di masa tahun 70-an hingga 90-an. Permen gulali begitu disukai oleh anak-anak di era tersebut karena bentuknya yang bermacam-macam bahkan bentuknya bisa di buat sesuai dengan permintaan, seperti bentuk dot bayi, bentuk ayam, bunga, kuda, tangan dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, dalam membentuknya juga diperlukan keahlian khusus dari penjualnya. Bahan yang digunakan untuk membuat permen gulali terdiri dari gula pasir, gula jawa, kayu manis, dan bahan untuk membuat permen. Semua bahan harus dipanaskan hingga mencair dan kemudian memadat namun tetap bertekstur lentur. Setelah tu, permen gulali sudah siap dijual.

Ketika berjualan, biasanya penjual permen gulali membawa permen gulali yang belum dibentuk dalam keadaan selalu dihangatkan agar adonan permen masih lentur dan mudah dibentuk. Penyajiannya juga menggunakan stik dari lidi atau bambu yang diserut menjadi kecil seperti lidi sebagai pegangan saat menyantap permen tersebut. Setelah dibentuk, permen gulali akan mengeras dan siap disantap. Meskipun berasal dari bahan-bahan yang masih alami, menyantap jenis makanan jajanan anak sekolah yang satu ini juga jangan terlalu banyak agar gigi tidak rusak apalagi jika tidak menggosok gigi setelah menyantapnya. Selain itu, perhatikan juga proses pembentukan permen menjadi berbagai macam bentuk untuk menjamin kehigienisan permen. Karena membentuknya menggunakan tangan penjualnya secara langsung.

Leave a Reply