Jenis Jajanan Anak Sekolah yang Laris dan Sehat Dikonsumsi

Jajanan anak sekolah sangat disukai oleh anak-anak bahkan orang dewasa untuk mengenang masa kanak-kanak atau sekedar untuk dijadikan sebagai cemilan. Meskipun hanya jajanan anak-anak, namun, terdapat beberapa jenis jajanan anak sekolah yang laris di pasaran karena cita rasanya yang enak, sehingga digemari banyak kalangan masyarakat. Misalnya rujak buah dan sate telur gulung. Jenis jajanan tersebut sangat digemari karena cocok dijadikan sebagai camilan dan harganya pun sangat terjangkau.

Baik rujak buah maupun sate telur gulung masih tetap eksis di jual di sekitar sekolah-sekolah dari dulu hingga sekarang. Penjualnya pun juga banyak, bahkan tidak hanya di sekitar sekolah saja, tetapi juga terdapat penjual keliling di sekitar pemukiman masyarakat.  Selain itu, jenis jajanan sekolahan ini juga sering diperdagangkan ketika ada acara-acara tertentu seperti hajatan, 17 Agustus-an, atau di tempat-tempat ramai. Oleh sebab itu, jenis jajanan anak sekolah yang laris satu ini sangat mudah didapatkan.

 

Jajanan Anak Sekolah yang Laris

Jajanan Anak Sekolah yang Laris

Jajanan Anak Sekolah yang Laris

Jika Anda ingin berbisnis kuliner, menjual jenis jajanan anak sekolah yang laris seperti rujak buah dan lutis adalah usaha yang cemerlang. Karena modal yang diperlukan sangat sedikit, cara membuatnya sangat mudah, dan peminatnya sangat banyak mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara membuat rujak buah dan lutis adalah sama, hanya saja penyajiannya yang sedikit berbeda. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rujak buah dan lutis terdiri dari buah-buahan yang biasanya digunakan untuk membuat rujak atau lutis, seperti jambu air, mangga muda, kedondong, timun, nanas, bengkuang, dan papaya.

Buah-buahan yang berkulit tersebut harus dikupas dan dicuci bersih, setelah itu dipotong kecil-kecil kira-kira sebesar potongan buah untuk rujak pada umumnya. Rujak buah dan lutis tidak lengkap jika tidak dilengkapi dengan kuah sambalnya. Untuk membuat kuah rujak buah dan lutis, cukup siapkan gula merah atau gula jawa, kacang tanah, asam jawa, sedikit bawang merah dan bawang putih, garam, dan tentunya cabai. Seluruh bahan kuah atau saus rujak buah dan lutis tersebut selanjutnya diuleg hingga cukup halus dan bertekstur kental. Jangan lupa mencoba saus rujak tersebut agar rasanya pas. Setelah itu, rujak buah siap di santap atau dijual.

Baca Juga :

 

Untuk penyajian lutis, setelah seluruh bahan sausnya diuleg hingga halus, buah-buahan juga diuleg langsung bersama dengan sausnya, namun tidak sampai halus. Agar berjualan rujak buah lebih praktis, sebaiknya gunakan wadah plastik yang biasa digunakan untuk menjual makanan dan juga tusukan dari lidi atau tusuk gigi untuk menyendok rujak tersebut. Jajanan rujak buah maupun lutis sangat digemari karena sangat segar terutama disantap ketika cuaca panas. Selain itu, jenis jajanan anak sekolah yang laris satu ini sangat bergizi karena bahan utamanya adalah buah-buahan yang tidak diragukan lagi kandungan vitamin di dalamnya, sehingga sangat sehat dikonsumsi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Disamping terbuat dari buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, saus rujak buah juga terbuat dari bahan yang alami, sehingga tidak perlu ragu lagi menyantap jenis jajanan anak sekolah yang laris dan sehat seperti yang satu ini.

Jenis jajanan anak sekolah yang laris dan sehat lainnya yaitu sate telur gulung. Sesuai dengan namanya, sate telur gulung berbahan dasar telur ayam yang sudah diracik sedemikian rupa seperti membuat telur dadar. Selain menggunakan telur ayam, sate telur gulung juga menggunakan sedikit tepung terigu supaya adonan telur lebih kental dan diberi garam secukupnya agar tidak hambar. Untuk membuatnya, sebelumnya Anda harus menyiapkan lidi atau bambu yang dibentuk sedemikian rupa seperti lidi untuk digunakan sebagai tangkai sate. Setelah itu, adonan telur ayam yang sudah diracik tersebut kemudian digoreng secara menyebar, kemudian telur yang sedang digoreng tersebut digulung dengan menggunakan lidi hingga semua telur yang digoreng tergulung. Biarkan selama beberapa saat hingga telur matang, kemudian tiriskan. Untuk melengkapi olahan telur yang satu ini, bisa menggunakan saus sambal instan dan kecap manis sebagai topingnya sesuai selera.

Ada pula beberapa variasi sate telur gulung yang banyak beredar di pasaran, misalnya sate telur gulung isi sosis dan sate mi telur gulung. Cara membuatnya juga sama dengan cara membuat sate telur gunung sebelumnya. Untuk membuat telur gulung isi sosis, tusuk sosis dengan lidi terlebih dahulu, kemudian gulung sosis tersebut dengan telur yang baru digoreng. Sedangkan untuk membuat sate mi telur gulung, campurkan adonan telur dengan mi sohun, kemudian goreng sambil digulung menggunakan lidi. Jenis jajanan anak sekolah yang laris seperti sate telur gulung ini sehat dikonsumsi, karena pada dasarnya, telur ayam memang mengandung protein. Namun sebaiknya menggorengnya menggunakan minyak goreng yang baru atau tidak lebih dari 3 kali pakai agar tetap sehat dikonsumsi.

Leave a Reply