Jajanan Sehat Anak Sekolah yang Bisa Dibuat Sendiri

Jajanan Sehat Anak Sekolah -Membawa bekal ke sekolah menjadi salah satu tren yang kini mulai banyak dilakukan di Indonesia. Hal ini sangat baik terutama karena jajanan yang ada di sekolah kadang tidak sehat dan menggunakan bahan yang berbahaya. Untuk melindungi anak terhadap berbagai masalah tersebut membawa bekal menjadi salah satu solusi yang sangat baik. Kini, berbagai sekolah kini juga menyediakan jajanan sehat anak sekolah untuk melindungi muridnya dari berbagai jajanan sembarangan yang berbahaya bagi kesehatan. Penerapan program tersebut di berbagai sekolah juga menjadi hal yang sangat baik dan dapat menjadi contoh. Ada banyak jajanan sehat anak sekolah yang tetap nikmat dan menarik selera anak. Jika kita bisa membuatnya, anak bisa tetap menikmati aneka jajanan yang tidak hanya enak tetapi juga sehat.

Dari berbagai jajanan sehat anak sekolah yang dapat dibuat, ada beberapa jajanan yang memiliki cara pembuatan yang cukup mudah sehingga dapat dengan mudah dicoba di rumah. Yang menjadi prioritas utama jajanan yang disukai anak adalah dari rasanya. Rasa yang disukai oleh anak-anak biasanya adalah rasa yang sederhana seperti rasa asin gurih dan rasa manis. Kedua rasa tersebut adalah rasa yang banyak disukai anak-anak. Oleh karenanya, jajanan sehat anak sekolah dapat dibuat dengan mengandalkan dua rasa tersebut. Dari rasa tersebut Anda bisa membuat aneka jajanan sehat yang menarik perhatian anak-anak. Salah satu jajanan anak yang menarik dengan rasa yang manis adalah donat. Namun, kadang donat dengan ukuran biasa kadang terlalu besar, sedangkan anak memiliki kecenderungan cepat bosan. Nah, bagi Anda yang ingin membuat donat sebagai jajanan sehat anak-anak. Anda bisa membuat donat mini sebagai solusinya.

Jajanan Sehat Anak Sekolah yang Bisa Dibuat Sendiri

 

Jajanan Sehat Anak Sekolah

Jajanan Sehat Anak Sekolah

Donat Mini Panggang

Donat mini adalah donat dengan ukuran yang kecil sehingga mudah dimakan dan tidak membuat anak cepat bosan. Ukurannya yang kecil juga membuat jajanan sehat anak sekolah ini mudah dipegang oleh anak-anak dan mudah dimakan.

Dengan ukuran kecilnya, donat mini dapat menjadi salah satu jajan sehat anak sekolah yang dapat dikreasikan dengan berbagai topping cantik dan menarik. Anda bisa menambah topping kesukaan anak-anak seperti glazur aneka warna, cokelat leleh, meses, keju, selai, chocochips, dan berbagai topping menarik lainnya. Anda juga bisa menggambar karakter di atas donat mini Anda. Misalnya saja tokoh kartun kesukaan, atau gambar binatang lucu untuk membuatnya tampak lebih cantik dan menarik. Semua dapat Anda kreasikan sesuai dengan kemampuan.

Donat mini ini dapat menjadi jajanan sehat anak sekolah jika dibuat dengan benar. Anda bisa menggunakan bahan baku terigu untuk membuat donat empuk dan lezat. Anda juga bisa menggantinya dengan kentang atau ubi ungu untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda. Donat biasanya dibuat dengan cara digoreng. Cara ini membuat donat memiliki kandungan minyak yang cukup tinggi. Untuk menguranginya, Anda bisa mengganti proses pengolahan dengan cara dipanggang. Bagi Anda yang ingin membuat jajanan sehat untuk anak sekolah ini, berikut adalah resep donat mini dasar yang dapat dengan mudah Anda ikuti.

Baca Juga Resep Lainnya:

Bahan:

  • – 1 ons butter
  • – 1 ons margarin
  • – 1 ons gula halus
  • – 3 ons terigu dengan protein rendah
  • – 2 butir kuning telur
  • – 1 sendok makan susu bubuk
  • – 1 ons kacang tanah sangrai, dihaluskan

Cara membuat:

  • – Masukan butter, gula halus, margarin, dan kuning telur ke dalam wadah.
  • – Kocok sampai merata menggunakan mixer dalam jangka waktu 2 menit.
  • – Masukan terigu, kacang yang sudah dihaluskan, dan susu bubuk.
  • – Aduk dengan spatula sampai merata.
  • – Ambil adonan kira-kira 10 gram atau 2 sendok makan.
  • – Bentuk bulat-bulat.
  • – Pipihkan bulatan dan beri lubang pada bagan tengah.
  • – Susun adonan yang sudah dibentuk tersebut di atas loyang.
  • – Panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celsius dalam waktu 15 menit atau sampai matang.
  • – Beri topping sesuai selera.

Topping yang paling mudah diaplikasikan adalah topping cokelat. Kita dapat menemukan berbagai macam cokelat warna-warni di toko. Anda bisa memilih warna favorit anak saat membelinya. Anda hanya perlu mencairkan cokelat dengan cara di tim, kemudian mencelupkan bagian atas donat ke dalam cokelat leleh tersebut. Diamkan sampai cokelat kembali mengeras. Donat mini akan tampak lebih menarik dengan topping lucu di atasnya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuatnya. Donat mini panggang dapat menjadi jajanan sehat anak sekolah pilihan yang menarik untuk dibuat. Bahan-bahannya dapat dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Kita juga dapat mengkreasikannya dengan berbagai topping menarik dan cantik. Anak akan lebih tertarik dengan adanya hiasan menarik. Jajanan sehat ini dapat menjadi alternatif bekal sekolah yang yummy. Selamat mencoba …

Leave a Reply