Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin

Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin

Posted on

Jajanan yang ada di kantin sekolah hampir setiap harinya selalu laris dibeli. Semua makanan yang lezat dan harganya terjangkau pasti akan diburu oleh anak sekolahan. Ada jajanan anak sekolah paling laris di kantin seperti mendoan dan bakwan sayur. Makanan tersebut biasanya dijual dengan harga murah Rp 500,- atau Rp 1.000,- per buahnya. Selain itu makanan tersebut merupakan makanan rumahan yang rasanya sudah akrab untuk anak-anak. Terlebih lagi makanan berupa gorengan yang terkenal garing dan renyah. Hal yang paling disukai anak sekolahan. Tidak heran jika hampir setiap hari anak sekolah membeli jajanan murah meriah ini. Bahkan beberapa masyarakat di sekitar ikut membeli jajanan yang berupa gorengan gurih ini. Berikut ada beberapa informasi terkait jajanan mendoan dan bakwan sayur.

 

Jenis Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin

 

Mendoan menjadi gorengan yang banyak dijual di kantin-kantin sekolah di daerah Purwokerto. Tempe goreng unik ini banyak disukai karena rasanya yang lezat dan berbumbu. Jajanan anak sekolah paling laris di kantin lainnya adalah bakwan sayur dengan teksturnya yang renyah. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jajanan terlaris ini dapat menyimak penjelasan berikut.

 

  • Mendoan sambal kecap
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin
Jajanan Anak Sekolah Paling Laris di Kantin

 

Untuk jajanan yang satu ini memang menjadi yang paling favorit di masyarakat, terutama di daerah asalnya di Purwokerto. Tidak hanya sebagai jajanan anak sekolah paling laris di kantin, mendoan juga menjadi makanan harian masyarakat Purwokerto dan sekitarnya. Berbeda dari tempe goreng yang ada di daerah lain di luar Purwokerto, mendoan dibuat dengan memasak yang lebih cepat dari gorengan tempe. Gorengan tempe yang banyak dibuat di tanah air umumnya digoreng hingga benar-benar garing untuk memperoleh rasa gurih.

Sedangkan mendoan dari daerah ngapak tersebut digoreng hanya sampai adonannya matang dan tidak perlu terlalu garing. Semakin cepat mengangkat gorengan dari minyak, justru rasanya akan semakin lezat dan nikmat. Untuk menemani makan mendoan, biasanya orang menyediakan cabai atau pun sambal kecap.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini terdiri dari bahan mendoan dan bahan sambal. Anda harus menyiapkan bahan utama berupa tempe mendoan dan tempe. Untuk bumbu mendoan membutuhkan bawang putih, ketumbar, daun bawang, dan garam. Sedangkan bahan sambal kecap untuk jajanan anak sekolah paling laris di kantin ini, Anda perlu menyediakan cabai rawit, bawang putih, garam, dan kecap. Buat adonan seperti menyiapkan adonan untuk membuat tempe goreng biasa.

Celupkan tempe pada adonan hingga tertutup sempurna dan masukan ke dalam penggorengan. Angkat gorengan setelah adonan matang dan sebelum gorengan menjadi garing. Untuk membuat sambal kecapnya, Anda bisa menggoreng cabai rawit hijau dan satu siung bawang putih. Setelah itu ulek cabai dan bawang yang sudah digoreng. Masukan bahan sambal yang sudah halus untuk diaduk bersama dengan kecap. Anda sudah bisa menikmati mendoan dengan sambal kecap yang lezat.

 

  • Bakwan sayur
Bakwan sayur
Bakwan sayur

 

Gorengan yang laris di jajanan anak sekolah ini menjadi salah satu makanan lezat bergizi karena menggunakan beberapa sayuran. Bakwan sayur menjadi salah satu jajanan anak sekolah paling laris di kantin yang biasa disantap bersama ketupat atau makanan berkuah. Kebanyakan anak sekolah suka membeli bakwan sayur untuk dimakan dengan mie atau bakso. Beberapa kantin di sekolah-sekolah juga menjual bakwan sayur untuk menu dalam pecel. Bakwan sayur begitu disukai anak-anak sekolah dengan disiram saus kacang yang pedas manis. Mungkin untuk bakwan sayur dengan saus pecel lebih banyak dikonsumsi untuk anak sekolah menengah. Untuk anak tingkat SD tidak terlalu suka dengan jajanan ini. Jika membeli bakwan sayur, anak SD lebih suka menyantap bersama ketupat.

Baca Juga Jajanan Sekolah Lainnya:

 

Bakwan sayur menggunakan beberapa sayuran, seperti kubis, daun bawang, wortel, kecambah, atau sayuran lain sesuai selera. Siapkan semua sayuran yang diperlukan dan tidak lupa juga untuk menyiapkan tepung terigu. Jajanan anak sekolah paling laris di kantin ini menggunakan bumbu-bumbu yang hampir sama seperti gorengan-gorengan lainnya. Ada bawang putih, ketumbar, lada, garam, dan jika perlu bumbu kaldu bubuk. Untuk membuat adonannya sebaiknya Anda mencampur tepung terigu dengan air terlebih dahulu. Setelah diaduk rata dan mendapatkan kekentalan yang pas, baru lah Anda bisa memasukan bahan sayuran-sayuran yang sudah disiapkan. Jika Anda memasukan sayuran bersama tepung terigu sebelum air, adonan bisa menjadi terlalu encer karena sulit memperkirakan kekentalan adonan.

Setelah adonan siap dan minyak sudah dipanaskan, Anda sudah bisa memulai penggorengan. Tuang sedikit-sedikit adonan dengan setengah bagian tidak masuk ke minyak goreng. Angkat adonan bakwan yang mulai kering untuk masuk ke minyak goreng semua. Setelah matang dan garing angkat untuk disajikan.

Itulah beberapa informasi jajanan anak sekolah paling laris di kantin dan juga cara membuatnya. Masih banyak jajanan anak sekolah yang laris manis, terutama yang mempunyai rasa manis dan warna-warna yang mencolok

Leave a Reply