Jajanan Anak Sekolah dari Tahu

Tahu, makanan yang tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Olahan kedelai tersebut sudah menjadi makanan khas tanah air. Begitu juga dengan jajanan anak sekolah dari tahu yang menjadi makanan khas anak sekolahan. Tahu memang menjadi salah satu bahan makanan yang mudah diolah. Makanan dari kedelai tersebut juga tidak sulit untuk dikombinasikan dengan jenis makanan lainnya. Paling pentingnya lagi, tahu disukai banyak kalangan tidak terkecuali anak sekolahan dari SD hingga SMA. Maka dari itu tahu bisa menjadi salah satu sumber usaha kecil Anda yang ingin menjadi penjual. Untuk Anda yang ingin membuat atau menjual jajanan sekolah, bisa menyimak beberapa kreasi olahan tahu berikut.

 

Beberapa Kreasi Membuat Jajanan Anak Sekolah dari Tahu

 

Jajanan Anak Sekolah dari Tahu

Jajanan Anak Sekolah dari Tahu

Selain daging, tahu merupakan makanan yang disukai oleh lidah anak-anak. Tidak heran juga apabila makanan ini menjadi salah satu jajanan di kantin-kantin sekolah. Seperti jajanan anak sekolah dari tahu yakni tahu aci dan tahu crispy yang sudah cukup banyak di pasaran. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Bentuk tahu aci

Makanan ini begitu populer untuk disajikan dengan saus, bisa saus tomat atau saus kacang. Makanan ini juga merupakan salah satu jajanan anak sekolah dari tahu yang cukup laris. Umumnya tahu aci dijual dengan bentuk segitiga. Aci dalam jajanan ini berada di bagian dalam tahu dengan setengah bagiannya terlihat di luar. Tahu aci kebanyakan dijual di sekolah dengan cara digoreng. Anak-anak sekolah biasanya menyantap jajanan ini sebagai camilan saat istirahat siang. Untuk yang doyan pedas disediakan saus atau cabai rawit. Sedang anak sekolah yang tidak berani makan pedas, lebih suka menyantap jajanan ini secara langsung tanpa tambahan bahan lain.

  1. Rupa tahu crispy

Jajanan ini terkenal baru beberapa tahun tetapi banyak disukai anak-anak sekolah. Rupa dari jajanan ini seperti tahu biasa hanya saja kulit luarnya lebih keriting seperti ayam goreng crispy. Jajanan anak sekolah dari tahu tersebut begitu digemari karena rasanya yang berbumbu. Makanan ini juga mempunyai cita rasa garing dan gurih yang disukai anak-anak. Biasanya jajanan tahu crispy bagian dalamnya tidak penuh seperti tahu-tahu pada umumnya, bahkan kebanyakan tahu crispy kosong di bagian dalamnya. Jajanan ini sering dikonsumsi untuk camilan saat istirahat. Makanan ini juga nikmat jika disantap bersama dengan lontong. Untuk sekolah-sekolah lanjutan, jajanan ini laris dibeli untuk teman makan bakso atau mi kuah di kantin sekolah.

  1. Membuat tahu aci

Untuk membuat jajanan yang satu ini, Anda membutuhkan beberapa bahan dan yang utama adalah tahu kuning dan aci atau tepung kanji. Bahan untuk bumbu atau rasa antara lain adalah daun bawang, bawang putih, garam, kaldu bubuk, dan merica. Bahan tambahan untuk membuat jajanan anak sekolah dari tahu ini adalah tepung terigu, air, dan minyak goreng. Pertama potong tahu kuning menjadi dua bagian agar bentuknya menjadi segitiga. Setelah itu potongan tahu direndam sebentar di air yang sudah dicampur dengan kaldu bubuk. Sementara itu Anda bisa membuat adonan acinya dengan mencampur semua bahan, mulai dari daun bawang, tepung terigu dan kanji, merica, dan garam.

Untuk adonannya menggunakan air rebusan bawang putih yang sudah dihaluskan. Angkat tahu yang direndam dan keluarkan sedikit isi tahunya. Isi ruang yang kosong tersebut dengan adonan aci. Goreng tahu aci hingga matang dan berwarna keemasan, tahu aci pun sudah siap untuk dijual.

 

Baca Juga:

 

 

  1. Membuat tahu crispy

Jajanan ini dibuat dari tahu dengan tambahan bahan seperti tepung terigu, baking powder, garam dan penyedap rasa. Selain itu ada tambahan bumbu untuk membuat rasanya lezat, yaitu dengan merica dan bawang putih. Jajanan anak sekolah dari tahu ini akan lebih baik jika Anda menggunakan tahu putih segar dan berkualitas. Kukus tahu terlebih dahulu untuk kemudian diberi bumbu halus yang dibuat dari merica, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu biarkan tahu dingin di dalam kulkas sekitar 1 jam. Anda bisa memanfaatkan waktu untuk membuat adonan kering yang dibuat dengan cara mencampur semua bahan. Tepung terigu, baking powder, penyedap rasa, dan garam dicampur rata. Ambil tahu yang sudah dingin dan masukan ke adonan dengan sedikit di tekan untuk membuatnya bisa keriting saat digoreng nanti. Gunakan minyak goreng panas dalam jumlah banyak sehingga bagian tahu masuk semua. Setelah matang kecokelatan, Anda bisa mengangkatnya dan siap untuk dipasarkan.

  1. Harga jajanan dari tahu

Untuk jajanan yang dibuat dari tahu memang bahan baku utamanya tidak terlalu mahal. Maka dari itu banyak penjual yang bisa menjual jajanan tahu dari harga Rp 500,- hingga Rp 1.000,-.

Demikian beberapa informasi singkat tentang jajanan anak sekolah dari tahu yang bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai usaha….

Leave a Reply