Jajanan Anak SD Paling Laris

Membahas masa kecil selalu identik dengan membahas aneka jajanan. Saat kita menginjak bangku sekolah dasar, jajanan adalah makanan yang selalu kita buru saat bel istirahat berbunyi. Segala jajanan dapat kita temukan dengan mudah di kantin sekolah. Jajanan anak SD paling laris biasanya adalah es, gorengan, bakso, snack kemasan, dan lain sebagainya.

Gorengan adalah salah satu Jajanan anak SD paling laris. Rasanya yang gurih, asin menjadi salah satu alasan mengapa gorengan menjadi dambaan bagi setiap anak kecil yang memakannya. Gorengan memiliki banyak sekali jenis dan nama, ada bakwan, tahu isi, risol, kue goreng, pastel, tahu rambutan, donat goreng, dan lain sebagainya. Dari setiap jenis dan nama gorengan, keseluruhan jenis gorengan tersebut memiliki bentuk atau tampilan yang berbeda satu sama lainnya loh, ada yang bulat, ada yang kotak, ada yang segitiga, persegi panjang, ada yang memiliki bentuk dan tebal sampai juga bentuk yang tipis. Risol, menjadi salah satu Jajanan anak SD paling laris. Risol merupakan gorengan yang memiliki isi di dalamnya. Isi dalam risol beraneka macam, ada daging ayam, daging sapi, sayuran, telur, mayonnaise, udang, jamur, ataupun tepung.

Sekilas mengenai Risol, jajanan anak SD paling laris. Risol biasanya berbentuk persegi panjang yang bervolume. Tampilannya berwarna cokelat, ada yang dilengkapi oleh tepung roti untuk menambah kripsi saat dimakan, ada pula yang tidak dilengkapi oleh tepung roti. Rasa asin, gurih dan manis tercampur menjadi satu saat kita memakan risol. Awal mula risol, konon dulu risol di bawa oleh Belanda. Kata risol juga berasal dari bahasa Belanda yang artinya roinsolles. Pada abad ke 13 risol mulai dikenal sebagai makanan panekuk dalam bentuk gorengan. Saat ini risol sudah sangat ramah di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda, tidak hanya di Indonesia atau Belanda saja, risol terkenal juga di telinga masyarakat Perancis. Di Perancis, risol di sebut dengan istilah risoller yang mengandung arti menjadikan coklat.

 

Baca Juga:

 

Jajanan Anak SD Paling Laris

 

Jajanan Anak SD Paling Laris

Jajanan Anak SD Paling Laris

 

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat Jajanan anak SD paling laris satu ini, berikut cara membuat risol yang mudah. Hal pertama yang perlu kita perhatian adalah kita tentukan terlebih dahulu mau isi apakah risol yang akan kita buat. Bila Anda ingin membuat risol ayam, maka bahan isi risol ayam yang diperlukan adalah ayam cincang, bawang cincang, aneka sayuran untuk melengkapi isi risol ayam, dimana dapat dipilih sayuran wortel, kentang, seledri,  dan tambahan bumbu gula, garam dan merica. Hal kedua yang perlu kita perhatikan adalah kulit dari risol. Untuk membuat kulit risol kita memerlukan beberapa bahan, yaitu telur, tepung, susu, air, garam, margarin. Berikut cara membuat kulit dari risol.

  1. Campurkan beberapa bahan seperti tepung, telur, garam, masukkan sedikit demi sedikit susu dan air, kemudian aduk hingga tercampur merata, masukkan margarin yang sudah dicari. Lalu aduk kembali adonan tersebut hingga telur terlihat mengembang.
  2. Siapkan teflon yang dipanaskan diatas api sedang. Oleskan margarin pada teflon hingga merata. Pengolesan margarin pada teflon dimaksudkan, agar saat adonan dimasukkan dalam teflon, adonan tidak lengket dan tidak susah untuk diangkat. Setelah teflon panas, masukkan sekitar satu sendok adonan kulit risol ke dalam teflon dan ratakan hingga berbentuk bulat mengikuti bentuk teflon. Masaklah hingga kulit risol matang yang ditandai dengan warna kulit yang berubah sedikit kecokelat. Angkat bila kulit risol sudah matang dan diamkan hingga dingin.

Setelah kulit risol sudah siap untuk dimasak, selanjutnya untuk membuat jajanan anak SD paling laris satu ini, kita perlu untuk memasak isi dari risol. Untuk membuat isi dari risol ini, adalah sebagai berikut

  1. Potong daging ayam dan sayur menjadi ukuran yang kecil
  2. Panaskan minyak diatas penggorengan.
  3. Tumis bawang tumis yang sebelumnya telah dicincang kecil. Masak bawang hingga wangi, kemudian masukkan ayam, aduk dan masak hingga daging berubah warna dan matang. Masukkan sayuran yang telah dipotong kecil tadi, kemudian tambahkan air dan masak hingga matang. Bumbui dengan sedikit garam, gula dan merica. Aduk hingga merata dan matang. Angkat dan diamkan hingga dingin.

 

Bila kulit dan isi sudah dingin. Kemudian kita dapat mengolah menjadi sebuah risol Caranya yaitu, siapkan kulit risol dan bentangkan, kemudian isi menggunakan isian risol yang sudah dimasak tadi. Gulung, dan lem ujungnya menggunakan telur. Risol sudah jadi deh, tinggal digoreng dalam minyak yang panas. Untuk menambah rasa risol, Anda dapat menyelimuti risol menggunakan tepung roti, agar risol lebih terasa krispi. Cara memasak risol jajanan anak SD paling laris ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasaknya pada minyak dengan api sedang, dan masak hingga warna risol kecokelatan

Leave a Reply